Sorry, may be less compatible with Internet Explorer. Diberdayakan oleh Blogger.

cover-image: Andien-kapanlagi.com

Sabtu, 01 September 2012

Angin duduk, tanda-tanda serangan jantung

image:12.blogspot.com

Angin duduk, tanda-tanda serangan jantung.


Sedikit yang tertolong
Menurut catatan medis, kurang dari 30 persen penderita serangan jantung yang sempat mencapai rumah sakit untuk memperoleh pertolongan. Dan, jka pun berhasil sampai di rumah sakit, hanya sekitar 6% yang dapat diselamatkan jiwanya. Payahnya, rata-rata, wanita butuh waktu lebih lama untuk dapat merespon tanda-tanda serangan jantung.

Memang, ada juga yang hingga satu jam -seperti yang dialami ayah saya- baru sampai di rumah sakit. Walau jiwa ayah saya tertolong, tapi jantungnya terlanjur mengalami kerusakan yang bersifat permanen dan parah. Kukira itu sebuah mukzizat.


Jika Anda melihat gejala-gejala ini, tak banyak yang dapat Anda lakukan kecuali secepatnya membawa ke rumah sakit. Itulah satu-satunya harapan untuk menyelamatkan jiwanya.
Gejala sepele
Ketika keluarga sedang bersenang-senang, ketika gelak tawa berderai, tiba-tiba salah satu kerabat mengeluh perutnya sakit. Menurutnya, ia masuk angin, dan tidak memerlukan pertolongan. Dan, biasanya orang-orang di sekitar akan memperlihatkan perhatian dengan sibuk menawarkan obat gosok atau minyak angin.
Memang, gejala nyeri seperti itu sering disebut "cuma masuk angin biasa". Apa pun namanya, masuk angin atau gangguan metabolisma, jika sering terjadi,
Hanya 15 menit.
Proses 1,2 dan 3 seperti gambar di atas, biasanya terjadi sekitar 10 s/d 15 menit. Maka, lupakan balsem, minyak angin, kerokan dan sebagainya. Itu sama sekali tidak ada manfaatnya. Karena, yang terjadi saat itu adalah arteri koroner di dalam jantung tersumbat oleh kolesterol atau tar rokok. Yang terbaik adalah segera dilarikan ke rumah sakit. Makin lama tidak dapat mencapai rumah sakit, makin kecil kemungkinan jiwanya selamat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu memilih rumah sakit tertentu kalau lokasinya jauh


1. Pada awalnya terjadi rasa tidak nyaman pada perut bagain atas.
2. Kemudian meningkat menjadi nyeri dan menjalar ke bagian dada, sekitar leher dan lengan.
3. Rasa nyeri semakin hebat, seolah "tembus" ke bagian punggung dan bagian belakang bahu.

sebaiknya segera ke dokter. Banyak orang mengira gejala demikian dapat diatasi dengan minyak angin atau balsem.
Yang benar adalah, gejala seperti itu dapat reda dengan sendirinya. Tapi, bukan berarti masalah telah selesai. Bisa jadi karena "belum waktunya" terjadi serangan! Jika rasa tidak nyaman terjadi di ulu hati, dan dalam waktu singkat berubah menjadi nyeri, serta menjalar ke bagian dada, kita wajib siaga. Mungkin itu saatnya serangan jantung terjadi!
Sekali lagi, jika pernah terjadi gejala seperti itu dan mereda, hendaklah tetap memeriksakan ke dokter.Jangan dianggap sepele, lho ya! Semoga saja bukan tanda serangan.
Adu kecepatan
Pilihlah RS terdekat. Semua dokter punya kemampuan memberi pertolongan pertama bagi penderita serangan jantung. Misalnya, dokter akan memberi obat untuk melebarkan pembuluh darah yang tersumbat; memblokir derasnya arus Vena, suplay oksigen dan sebagainya. Biasanya pertolongan ini melibatkan sebuah team khusus karena berpacu dengan maut! Sesudah masa "gawat" terlampaui, dokter akan merujuk ke spesialis jantung.
Sesudah itu, terserah Anda memilih rumah sakit yang mana.
Anda punya pengalaman lain?@


Artikel Terkait:

3 komentar:

Anonim mengatakan...

jantung adalah organ tubuh yg tak pernah beristirahat, dia bekerja memompa darah secara terus menerus ke seluruh bagian tubuh. aku tak heran kenapa organ ini disebut sebagai vital, maka menjaga kesehatan jantung jadi sangat penting.

Anonim mengatakan...

jantung adalah organ tubuh yg tak pernah beristirahat, dia bekerja memompa darah secara terus menerus ke seluruh bagian tubuh. aku tak heran kenapa organ ini disebut sebagai vital, maka menjaga kesehatan jantung jadi sangat penting.

Penyuluh Perikanan mengatakan...

Postingan yang sangat bermanfaat sobat, banyak menambah pengetahuan baru buat saya,
terima kasih banyak

 

Paling Hangat

Followers

Apresiasi Anda